Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Menyingkirkan Thrips

 


Dengan lebih dari 6.000 spesies thrips yang berkeliaran di planet ini, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di beberapa titik dalam petualangan berkebun Anda. Hama ini muncul di tanaman outdoor dan indoor serta di rumah kaca. Sebagian besar, kerusakan thrip adalah kosmetik, dan tanaman Anda dapat pulih jika Anda mengenali dan mengobati masalah thrip dengan segera. Namun, thrips dapat terbukti fatal, terutama ketika mereka membawa penyakit tanaman dan virus yang dapat membunuh.

Sayangnya, thrips beradaptasi dengan pestisida kimia dengan cukup cepat, membuatnya sulit untuk dihilangkan. Metode penghapusan alami tampaknya bekerja paling baik, tetapi Anda harus tetap waspada dan sering merawat tanaman Anda. Satu pengobatan, bagaimanapun, umumnya tidak cukup untuk membuang thrips untuk selamanya.

Seperti apa bentuk Thrips?

Serangga thrip kecil di bunga liar musim semi oranye
Kredit Gambar: geoffsp/iStock/GettyImages
  • Nama spesies: Thysanoptera spp.
  • Karakteristik fisik: Serangga kecil setipis jarum dengan panjang 1/20 inci
Menangis Ara Thrip (Thysanoptera; Gynaikothrips uzeli)
Kredit Gambar: Heather Broccard-Bell/iStock/GettyImages
  • Sayap atau tanpa sayap? Sayap
  • Varietas warna/spesies: Lebih dari 6.000 varietas; berwarna jerami atau hitam
  • Siklus hidup: Telur, larva, panggung kepompong menampilkan dua instar, dewasa

Bagaimana Menyingkirkan Thrips

Proses menghilangkan thrips agak bervariasi berdasarkan apakah tanaman yang terkena dampak berada di dalam atau di luar ruangan. Meskipun tidak layak di kebun, langkah pertama untuk merawat thrips pada tanaman hias atau tanaman pot adalah mengkarantina mereka jauh dari tanaman lain untuk menghentikan penyebaran. Dari sana, saatnya untuk merencanakan serangan Anda.

Identifikasi Thrips

Thrips umumnya merupakan berita buruk, tetapi ada beberapa spesies thrip yang bermanfaat. Ini memakan serangga dan tungau lain, membantu menjaga kebun Anda bebas dari hama lain. Anda mungkin ingin menangkap thrip dan membawanya ke pusat taman atau kantor ekstensi setempat. Mudah-mudahan, ini dapat membantu Anda mengidentifikasi spesies thrip dan memastikan Anda tidak sengaja menyingkirkan pembantu kebun yang mengira mereka mengganggu.

Cuci Tanaman

Bantuan terbesar yang dapat Anda lakukan pada tanaman Anda adalah dengan cepat menghilangkan thrips yang Anda lihat pada mereka. Cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan benar-benar mencucinya dari tanaman. Di kebun, ini berarti meledakkan thrips dari tanaman Anda dengan semburan air dari selang taman. Anda juga dapat menempatkan selimut atau terpal di bawah tanaman yang terkena dampak dan mengocoknya dengan kuat untuk menghilangkan serangga. Anda kemudian dapat mengikat terpal dan membuang serangga.

Saat berhadapan dengan tanaman pot kecil atau tanaman hias, letakkan tanaman di wastafel dapur Anda dan cuci daunnya dengan air sabun. Sabun akan menghilangkan lapisan pelindung dari setiap thrips yang ada dan akan membunuh mereka melalui dehidrasi daripada hanya menjatuhkan mereka dari tanaman.

Gunakan Pestisida (tetapi dengan Hati-hati)

Sebagai aturan umum, pestisida sering gagal melawan thrips karena dua alasan. Yang pertama adalah bahwa mereka beradaptasi dengan bahan kimia ini dan mengembangkan resistensi terhadap mereka dengan cepat. Yang kedua adalah ukurannya yang kecil. Thrips sendiri bisa sulit dilihat. Pada saat kerusakan thrip menjadi jelas pada tanaman, kemungkinan besar kerusakan itu terjadi, dan thrips yang menyebabkannya sudah lama hilang.

Jika Anda memilih insektisida, spinosad umumnya salah satu yang paling efektif pada thrips. Anda harus menerapkannya sesuai petunjuk paket, dan Anda biasanya perlu menerapkan kembali pestisida sekitar seminggu sekali untuk kontrol thrip yang sedang berlangsung. Spinosad paling baik diterapkan di luar ruangan. Karena dapat membunuh lebah, hindari merawat tanaman berbunga. Tukang kebun sering menemukan bahwa aplikasi spinosad paling efektif sebagai pencegahan thrip di musim semi.

Untuk tanaman hias, pilihan pestisida yang paling aman adalah minyak mimba atau minyak hortikultura, yang keduanya bekerja dengan membekap thrips. Pestisida ini jauh lebih tidak beracun dan lebih aman untuk digunakan di dalam ruangan. Jika mereka gagal memperbaiki masalah, Anda dapat merawat tanaman hias dengan spinosad selama Anda memindahkannya ke luar ruangan terlebih dahulu.

Kapan Harus Menyewa Seorang Profesional

Sebagian besar tukang kebun halaman belakang tidak merasa perlu mengeluarkan biaya pembasmi untuk menyingkirkan thrips. Ini biasanya merupakan pertimbangan yang disediakan untuk petani komersial. Namun, jika Anda mencapai titik di mana thrips mulai menghancurkan tanaman keras dan hias yang mahal, Anda dapat mempertimbangkan untuk memanggil seorang profesional. Ada beberapa pestisida yang bekerja melawan thrips, tetapi mereka memerlukan lisensi pestisida.

Rata-rata, biaya perawatan pengendalian hama antara $100 dan $250. Pengendalian hama kebun mungkin sedikit lebih mahal tergantung pada ukuran ruang Anda. Temukan pembasmi yang bersedia merawat kebun Anda dan mintalah perkiraan sebelum Anda berkomitmen. Pembasmi yang baik adalah orang yang berlisensi penuh dan bersedia memberikan referensi dan yang datang dengan reputasi yang baik.

Kebun Sayur
Kredit Gambar: BasieB/E+/GettyImages

Menyingkirkan Thrips Secara Alami

Jika Anda lebih suka metode pengendalian hama yang lebih alami, Anda akan senang mendengar bahwa solusi alami sering kali bekerja lebih baik pada thrips daripada solusi kimia. Anak-anak Anda, hewan peliharaan, dan lingkungan semuanya akan berterima kasih kepada Anda karena telah memilih metode alami ketika Anda dapat melakukannya secara efektif. Ini sangat penting ketika merawat tanaman hias yang tinggal di dalam dan mempengaruhi kualitas udara di dalam rumah Anda.

Tanaman Kurban sebagai Atraktan

Sebagai serangga penghisap getah, thrips tidak terlalu cerewet tentang tanaman mana yang akan mereka serang. Semua dapat menawarkan apa yang mereka cari. Ada beberapa tanaman yang menurut thrips sangat lezat, termasuk marigold (Tagetes spp.) dan krisan (Krisan spp.). Jika Anda ingin menjauhkan thrips dari tanaman lain, cobalah menanam favorit ini di tempat lain di kebun Anda jauh dari tanaman yang ingin Anda selamatkan.

Berhati-hatilah saat menggunakan tanaman kurban. Memikat thrips ke marigold Anda tidak akan memenangkan poin apa pun dengan tetangga Anda jika tanaman inang Anda duduk terlalu dekat dengan tanaman hias favorit tetangga. Anda ingin memikat thrips ke daerah di mana mereka tidak dapat melukai tanaman siapa pun.

Metode Pengendalian Hayati

Dalam lingkaran kehidupan, banyak serangga dan hewan yang bermanfaat memakan serangga dan hewan lain. Anda dapat memanfaatkan ini di ruang tumbuh luar ruangan Anda dengan memikat burung dan serangga pemakan thrip ke kebun Anda. Serangga bajak laut, kepik, dan lacewings semuanya memakan thrips dan dapat membantu mengendalikan masalah thrip, seperti halnya burung yang mengunjungi kebun Anda.

Saat menggunakan serangga predator untuk mengendalikan thrips, jangan membelinya secara online dan kemudian lepaskan ke kebun Anda. Melakukan ini bisa terbukti sangat bermasalah. Pertama, tidak ada cara untuk memastikan bahwa serangga yang Anda lepaskan akan tinggal di kebun Anda dan membantu Anda. Jika tetangga Anda memiliki tanaman yang disukai kepik, misalnya, serangga yang Anda lepaskan dapat bermigrasi ke sebelah, di mana mereka akan membantu tetangga Anda tetapi bukan Anda.

Masalah kedua adalah bahwa Anda dapat secara tidak sengaja melepaskan spesies serangga yang invasif atau tidak diinginkan di daerah Anda. Sebaliknya, iming-iming serangga predator ke kebun Anda dengan menanam spesies asli yang secara alami akan menarik serangga yang ada ke ruang kebun Anda. Selain itu, pasang beberapa sangkar burung dan birdbath untuk menarik lebih banyak burung pemakan serangga ke halaman Anda.

Pasang Mulsa Reflektif

Paling efektif dalam mulsa reflektif perak, abu-abu, dan putih, adalah cara yang menarik untuk mencegah thrips. Ini juga sedikit keliru karena mulsa reflektif tidak benar-benar mulsa sama sekali. Ini sebenarnya adalah selembar seperti kain lansekap. Untuk menggunakannya, Anda menyebarkannya di tanah di sekitar tanaman Anda dan kemudian mempertaruhkannya ke tanah dengan cara yang sama seperti kain penghambat gulma.

Yang disebut mulsa memiliki kilau reflektif. Kemilau ini membuat lebih sulit bagi serangga terbang, seperti thrips, untuk melihat tanaman Anda, dengan cara yang sama seperti yang diperjuangkan manusia ketika berkendara menuju matahari. Jika Anda benar-benar beruntung, thrips tidak akan menemukan tanaman di kebun Anda. Bahkan jika mereka melakukannya, mulsa reflektif dapat secara signifikan mengurangi jumlahnya.

Dari Mana Thrips Berasal

Seperti banyak hama serangga, thrips ada di mana-mana dan ditemukan di mana-mana. Mereka dapat menahan musim dingin pada tanaman dan di tanah, dan mereka bereproduksi dengan cepat, dengan orang dewasa biasanya hidup hanya 20 hingga 30 hari. Dengan demikian, thrips menghasilkan beberapa generasi setiap tahun. Mereka paling aktif di musim semi dan musim panas.

Thrips secara alami hadir di luar ruangan dan memiliki beberapa cara untuk masuk ke dalam untuk mengunjungi tanaman hias Anda. Mereka mungkin naik bersama Anda setelah perjalanan melalui taman atau datang dengan produk segar atau bunga potong. Tentu saja, Anda juga tanpa sadar dapat membawa serangga kecil ini ke dalam bersama Anda saat membawa tanaman pot ke dalam. Thrips memang terbang dan bisa masuk melalui pintu atau jendela yang terbuka. Thrips dapat dan memang bereproduksi di dalam maupun di luar ruangan, sehingga infestasi tanaman hias dapat melanggengkan diri mereka sendiri.

Wanita yang bekerja di kebun di musim panas.
Kredit Gambar: Cavan Images/iStock/GettyImages

Cara Mencegah Thrips

Salah satu cara untuk mencegah thrips adalah dengan menjaga taman Anda tetap bersih dan rapi. Singkirkan gulma, sebanyak mungkin berfungsi sebagai tanaman inang untuk thrips, dan gunakan mulsa jerami untuk membantu menjaga larva thrip di tanah agar tidak mencapai tanaman Anda. Mulsa juga membuat tanah lebih dingin, yang dapat memperlambat siklus hidup thrip, menghasilkan lebih sedikit hama. Pada tanaman yang dapat mentolerirnya, pilihlah irigasi pancur, yang dapat menjatuhkan thrips dari tanaman.

Ada berbagai jenis thrips, dan beberapa memiliki preferensi khusus tentang apa yang mereka makan. Jika Anda menanam paprika, mentimun, tomat, bawang, dan kacang-kacangan, misalnya, pasang penutup baris mengambang untuk mencoba mencegah thrips. Anda juga harus mulai merawat alpukat dan pohon buah-buahan dengan minyak mimba atau piretrin di awal musim semi jika Anda tahu thrips bermasalah di daerah Anda.

Untuk mencegah thrips pada tanaman hias, pertimbangkan untuk menaburkannya dengan tanah diatom untuk mencegah thrips. Selama Anda tidak menghirupnya selama aplikasi, tanah diatom aman bagi manusia sementara sangat berbahaya bagi thrips. Taburkan daun tanaman dengan bebas. Saat membawa tanaman hias baru ke dalam, selalu karantina mereka untuk sementara waktu sebelum meletakkannya di dekat tanaman Anda yang lain.

Apakah Thrips Menyebabkan Kerusakan?

Thrips memang merusak tanaman, dan kerusakannya dapat terbukti tidak dapat diubah, terutama jika masalah thrip ditemukan di akhir permainan. Kerusakan thrip muncul sebagai bercak putih kecil dan tidak beraturan pada daun tanaman. Bercak-bercak ini terkadang memiliki titik-titik hitam kecil di dalamnya, yang anda tidak akan terlalu senang mengetahui bahwa adalah endapan tinja thrip. Tanaman yang terserang juga dapat menampilkan daun keriting dan memutar bersama dengan pertumbuhan yang terhambat. Bunga dan daun dapat berubah warna selama serangan thrip.

Pada kacang, kerusakan thrip cenderung muncul sebagai daun muda yang terdistorsi dengan tepi coklat. Thrips bawang mengurangi ukuran umbi bawang dan sering membunuh tanaman sama sekali. Kubis menunjukkan dedaunan perunggu ketika diberi makan oleh thrips, sementara tomat dan paprika mengembangkan lekukan kecil di mana thrips bertelur. Thrips juga sebagian dari gladiol, impatiens, dan mawar.

Thrips dapat membawa penyakit tanaman, termasuk virus layu berbintik tomat dan virus bercak nekrotik impatiens. Tidak ada obat untuk virus layu berbintik tomat, yang dapat mempengaruhi tomat, bawang, bayam, terong, dan labu antara lain. Virus bercak nekrotik impatiens mempengaruhi impatiens bersama dengan petunia, begonia, cyclamen, primrose, dan lain-lain. Seperti virus layu berbintik tomat, virus bercak nekrotik impatiens tidak ada obatnya. Anda harus menghancurkan tanaman yang terinfeksi.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Menyingkirkan Thrips"