Widget HTML #1

Biografi Werner von Siemens - Penemu dan Pendiri Perusahaan Listrik dan Telekomunikasi Siemens

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 Penemu dan  Pendiri Perusahaan Listrik dan Telekomunikasi Siemens Biografi Werner von Siemens - Penemu dan  Pendiri Perusahaan Listrik dan Telekomunikasi Siemens
Werner von Siemens
Lahir:  
13 Desember 1816 Lenthe, Kerajaan Hanover

Meninggal
6 Desember 1892 (umur 75) Berlin, 
Kekaisaran Jerman

Bidang:
Penemu
Ernst Werner Siemens adalah seorang penemu dan industrialis Jerman. Nama Siemens telah diadopsi sebagai satuan konduktansi listrik, siemens. Dia juga pendiri perusahaan listrik dan telekomunikasi Siemens.

Werner lahir di Lenthe (sekarang bagian dari Gehrden), dekat Hannover, Jerman, pada 13 Desember 1816. Ia adalah anak keempat. Diantara saudaranya adalah adalah, Sir William Siemens, Friedrich Siemens, Carl Friedrich Von Siemens. Mereka adalah tokoh-tokoh besar yang melopori perkembangan industry listrik dan baja. Dari keempat bersaudara itu yang terkenal adalah Werner dan William.

Ernst Werner Von Siemens adalah insinyur, penemu, pengusaha industry, dan anggota parlemen. Dia menemukan proses electroplating (1842), getah perca untuk mengisolasi kabel (1847), dynamo induksi diri (1866), pengatur diferensial untuk memproduksi benda anastatik untuk memproduksi benda cetak (1844), mesin uap regenerative, kondensor dan fotometer selenium. Dia mendirikan perusahaan Siemens dan Halske (1847) di Berlin yang berkembang pesat dan menjadi perusahaan terkemuka di Eropa.

Ernst memasang system kabel telegraf dari Berlin ke Frankfurt pada 1848. Dua tahun kemudian, dia memasang kabel bawah air menghubungkan Dover di Inggris dan Calais di Perancis.

Pada 1874, cabang-cabang perusahaanya di London memasang kabel Trans-Atlantik. Tujuh tahun kemudian, dia membangun rek kereta api listrik yang pertama di dunia di Lichterfielde. Di pinggiran kota Berlin.

Pendidikan dan penemuan

Sesudah tamat sekolah di Lubeck dia masuk kedinas ketentaraan Prusia sebaga sukarelawan. Ketika itu umurnya baru 17 tahun. Di tempat ini ia dididik sebagai insinyur. Namun, ayahnya tidak mampu membiayai sekolahnya. Kemudian, dia masuk akademi militer di Berlin.

Pada 1840, ayahnya meninggal. Werrner terpaksa membesarkan dan membiayai pendidikan adik-adiknya yang berjumlah Sembilan orang. Setahun kemudian, dia mendapat pekerjaan dibengkel arteleri di Berlin. Namun, dia dijebloskan kepenjara karena terlibat dalam perkelahian antara adiknya dengan adik perwira yang lain. Selama didalam penjara ia dia menggunakan waktunya untuk mengadakan eksperimen kimia. Hasilnya, dia menemukan electroplating (1842), yaitu proses melapis (menyepuh) logam dengan arus listrik.

Beberapa bulan kemudian secara kebetulan dia melihat model awal telegraf listrik buatan Sir Charles Wheatstone (1837). Werner menyadari betapa pentingnya pesawat itu untuk komunikasi internasional. Dia segera bekerja keras untuk memperbaiki pesawat tersebut. Pihak militer segera tahu bahwa Werner sangat ahli dibidang telegraf. Maka, pada 1847 dia ditugaskan memasangkan kabel bawah tanah. Tetapi, pada waktu itu masih belum ada bahan untuk mengisolasi kabel.

Selama beberapa minggu Werner berfikir dan bekerja keras. Akhirnya dialah orang pertama didunia yang menemukan bahwa getah perca (karet) sangat baik untuk mengisolasi kabel. Pada tahun yang sama dia mengajak Johann Georg Halske, seorang insinyur muda untuk mendirikan bengkel telegraf. Kemudian, Werner mendapatkan tugas mengawasi pemasangan kabel di seluruh Jerman.

Pada 1849, Werner mengundurkan diri dari dinas militer. Dia lebih suka menjadi pengusaha di pabrik telegraf. Perusahaanya memasang kabel dari Eropa ke India melalui laut tengah.

Terlepas dari telegraf, Siemens membuat beberapa kontribusi untuk pengembangan teknik elektro. Dia membangun lift listrik pertama di dunia pada tahun 1880. Perusahaannya memproduksi tabung sinar-X yang ditemukan oleh Wilhelm Conrad Röntgen. Dia mengklaim telah menemukan dinamo meskipun orang lain telah menemukannya sebelumnya. Pada 14 Desember 1877 ia menerima paten Jerman No 2355 untuk elektromekanis transducer "dinamis" atau lilitan bergerak, yang diadaptasi oleh AL Thuras dan EC Wente untuk Sistem Bell pada akhir tahun 1920 untuk digunakan sebagai loudspeaker.

Kehidupan pribadi

Ia menikah dua kali, pertama pada tahun 1852 dengan Mathilde Duman (meninggal 1 Juli 1867) dan kedua pada tahun 1869 dengan Antonie Siemens (1840-1900). Anak-anak dari pernikahan pertama adalah Arnold von Siemens dan Georg Wilhelm von Siemens . Anak-anak dari pernikahan kedua adalah Hertha von Siemens (1870 - 5 Januari 1939), menikah pada tahun 1899 dengan Carl Dietrich Harries, dan Carl Friedrich von Siemens .

Ernst Werner Siemens meninggal di Berlin, Kekaisaran Jerman pada 6 Desember 1892  saat berumur 75 tahun.

Paten

US Patent 322.859 - kereta api listrik (21 Juli 1885)
US Patent 340.462 - kereta api listrik (20 April 1886)
US Patent 415.577 - meteran listrik (19 November 1889)
US Patent 428.290 - meteran listrik (20 Mei 1890)
US Patent 520.274 - kereta api listrik (22 Mei 1894)
US Patent 601.068 - Metode dan alat untuk mengekstraksi bijih emas (22 Maret 1898)

Sumber:
Biografi Ernst Werner Von Siemens 

Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment for "Biografi Werner von Siemens - Penemu dan Pendiri Perusahaan Listrik dan Telekomunikasi Siemens"