Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Ronald Fisher - Perintis statistika modern, biologi evolusi, genetika, dan eugenicist

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Rothamsted Experimental Station  University College London Biografi Ronald Fisher - Perintis statistika modern, biologi evolusi, genetika, dan eugenicist
Sir Ronald Fisher
Lahir: 
17 Februari 1890 East Finchley, London, Inggris 

Meninggal: 
29 Juli 1962 (umur 72) Adelaide, Australia Selatan 

Tempat tinggal: 
Inggris dan Australia 

Kebangsaan: 
Inggris 

Bidang: 
Statistik, Genetika, dan Evolusi biologi 

Lembaga:
Rothamsted Experimental Station University College London 
Cambridge University 
University of Adelaide
CSIRO 

Alma mater: 
University of Cambridge 

Penasehat akademik: 
Sir James Jeans dan FJM Stratton 

Doktor siswa: 
CR Rao, DJ Finney, dan Walter Bodmer 

Dikenal: 
Fisher's fundamental theorem
Maximum likelihood
Fisher information
Analysis of variance
The Fisher–Kolmogorov equation
Fisher's geometric model
Coining the term "null hypothesis"
Fiducial inference
Fisher's exact test
Fisher's principle
Fisherian runaway
The F-distribution

Pengaruh: 
Leonard Darwin 

Terpengaruh: 
Joseph Oscar Irwin 
AWF Edwards
Georg Rasch 
WD Hamilton 
Oscar 
Kempthorne  
Richard Dawkins 
Kenneth 
Mather 

Penghargaan terkemuka: 
Fellow dari Royal Society (1929) Royal Medal (1938) 
Medal Guy di Gold (1946) 
Copley Medal (1955) 
Linnean Society of London 's Darwin-Wallace Medal (1958)
Sir Ronald Fisher Aylmer adalah seorang ahli statistik, biologi evolusi, genetika, dan eugenicist asal Inggris. Fisher dikenal sebagai salah satu arsitek utama dari sintesis neo-Darwin, atas kontribusi penting untuk statistik, termasuk analisis varians (ANOVA), metode kemungkinan maksimum, inferensi fidusia, dan derivasi dari berbagai distribusi sampling, dan menjadi salah satu dari tiga pendiri utama genetika populasi. Anders Hald menyebutnya "seorang jenius yang menciptakan dasar bagi ilmu statistik modern",  sementara Richard Dawkins menamainya "ahli biologi terbesar sejak Darwin ". Ia dikenal juga dengan penemu uji F dalam sta- tistika.

Biografi

Fisher lahir 17 Februari 1890 di London, Inggris dari pasangan George dan Katie Fisher. Ayahnya adalah seorang juru lelang dan agen seni rupa sukses. Dia memiliki masa kecil yang bahagia yang dimanjakan oleh tiga saudara perempuan yang lebih tua, kakak, dan ibunya, tapi dia meninggal ketika ia berusia 14 tahun karena peritonitis akut. 18 bulan kemudian Ayahnya kehilangan bisnisnya di beberapa transaksi.

Meskipun Ronald Fisher memiliki penglihatan yang sangat miskin, ia adalah seorang mahasiswa dewasa sebelum waktunya, memenangkan Neeld Medal (esai kompetitif dalam matematika) di Harrow Sekolah pada usia 16. Karena penglihatan yang buruk, ia diajari matematika tanpa bantuan kertas dan pena, yang mengembangkan kemampuannya untuk memvisualisasikan masalah dalam hal geometris. Ia juga mengembangkan minat yang kuat dalam biologi terutama biologi evolusi .

Pada tahun 1909, ia memenangkan beasiswa ke Gonville dan Caius College, Cambridge. Di Cambridge, Fisher belajar teori baru  genetika Mendel. Dia melihat biometri dan corpus tumbuh metode statistik sebagai cara potensial untuk mendamaikan sifat terputus pewarisan Mendel dengan variasi kontinyu dan evolusi bertahap. Namun, kekhawatiran itu terutama adalah eugenika , yang ia lihat sebagai masalah sosial serta menekan ilmiah yang mencakup baik genetika dan statistik.

Setelah lulus, Fisher sangat ingin bergabung dengan Angkatan Darat Inggris dalam mengantisipasi masuknya Inggris ke dalam Perang Dunia I . Namun, ia gagal dalam pemeriksaan kesehatan (berulang-ulang) karena penglihatan yang buruk. Selama enam tahun berikutnya, ia bekerja sebagai ahli statistik untuk Kota London. Untuk bagian dari pekerjaan perang, ia mengambil mengajar fisika dan matematika di urutan sekolah negeri, termasuk Universitas Bradfield di Berkshire, serta kapal HM Training Ship Worcester

Selama periode ini, Fisher mulai menulis resensi buku untuk Ulasan eugenic dan secara bertahap meningkatkan minatnya dalam pekerjaan genetik dan statistik. Dia menerbitkan beberapa artikel tentang biometri selama periode ini, termasuk tanah-melanggar kertas " Korelasi Antara Kerabat Dugaan dari Warisan Mendel ", yang ditulis pada tahun 1916 dan diterbitkan pada tahun 1918.

Tulisan tersbeut kemudian dikenal sebagai genetika biometric, dan diperkenalkan metodologi analisis varians, yang merupakan kemajuan yang cukup besar atas metode korelasi yang digunakan sebelumnya. Makalah ini menunjukkan bahwa pewarisan sifat-sifat terukur oleh nilai-nilai nyata (yaitu, sifat terus-menerus atau dimensi) konsisten dengan prinsip Mendel. Dalam makalah ini juga penggunaan pertama dari istilah " varians "dalam statistik.

Sir Ronald Fisher Aylmer meninggal pada 29 Juli 1962 (umur 72) di Adelaide, Australia Selatan.
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.