Widget HTML #1

Apakah menjadi pemilik bisnis “Minoritas” merupakan ide yang bagus?

 

Apakah menjadi pemilik bisnis “Minoritas” merupakan ide yang bagus?

Oleh Howard C. Stross
22 Maret 2023
Firma Hukum Stross - Menjadi pemilik minoritas bisnis

Sebelum Anda menjadi pemilik “minoritas” suatu bisnis, inilah yang perlu dipertimbangkan…

Sebuah bisnis “dimiliki secara ketat” ketika kepemilikannya sangat terbatas dan batasan tersebut mencakup kemampuan pemilik untuk menarik investasinya dan “pensiun”. Seorang “pemilik minoritas” memiliki kurang dari 50% bisnis atau investasi. Artikel ini ditujukan bagi siapa saja yang mempertimbangkan untuk menjadi pemilik minoritas dalam bisnis atau investasi (misalnya tanah kosong) yang dimiliki secara terbatas, dengan fokus khusus pada bisnis tertutup yang beroperasi sebagai perseroan terbatas (“LLC”) berdasarkan hukum Florida dan dibentuk untuk memiliki aset penting seperti real estat komersial .

Menjadi pemilik minoritas memungkinkan Anda membantu bisnis tumbuh dan berbagi kesuksesan tanpa tanggung jawab manajemen. Pemilik minoritas dimintai bantuan untuk pertumbuhan, memperoleh aset bisnis lain, atau memberikan pengetahuan bisnis atau profesional selain suntikan modal dalam bisnis.

Undang-undang Florida memberikan hak terbatas kepada pemilik minoritas. Pemilik minoritas mungkin berada di bawah kekuasaan pemilik mayoritas. Jika timbul konflik dan hak-hak pemilik minoritas dilanggar, walaupun litigasi mungkin bisa menjadi pilihan, namun hal ini merupakan pilihan terakhir mengingat biaya litigasi akan menambah tekanan dan kehilangan waktu dan uang. Konflik dapat dicegah atau dikurangi secara signifikan melalui perjanjian tertulis yang melampaui hukum Florida untuk melindungi pemilik minoritas dari tindakan penindasan yang dilakukan oleh pemilik mayoritas bisnis.

Hak Pemilik Minoritas

Sebagian besar perusahaan dan kelompok investor mempunyai sedikit pemilik swasta dan tidak mengumumkan kepentingan kepemilikannya kepada publik. Bisnis dan investasi yang dipegang erat ini dapat dioperasikan sebagai korporasi, kemitraan, atau LLC. Seorang calon pemilik minoritas, misalnya, mungkin menginvestasikan $50.000 di sebuah perusahaan dengan imbalan 20% kepemilikan. Karena pemilik minoritas tidak memiliki saham pengendali dalam bisnis, hak mereka lebih sedikit dibandingkan pemilik mayoritas.

Umumnya, jika tidak ada perjanjian tertulis yang memperluas haknya, pemilik minoritas hanya berhak untuk:

  • Hak untuk memberikan suara dalam hal-hal tertentu, seperti memilih dewan direksi suatu perusahaan atau manajer suatu LLC;
  • Hak untuk memeriksa pembukuan dan catatan keuangan perusahaan;
  • Hak untuk menerima dividen atau pembagian dari usaha apabila ada pembagian keuntungan dan menerima sebagian hasil bersih dari penjualan atau pembubaran usaha tersebut; Dan
  • Hak untuk menuntut pemilik mayoritas karena pelanggaran kewajiban fidusia.

Di luar hak-hak dasar ini, pemilik minoritas mungkin mendapati bahwa, terlepas dari investasi mereka di perusahaan tertutup, mereka memiliki sedikit atau tidak ada kemampuan untuk mengendalikan arah perusahaan dan tidak memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan sehari-hari. Jika pemilik minoritas juga merupakan karyawan perusahaan, mereka tidak berhak melanjutkan pekerjaan jika dipecat. Mereka juga tidak mempunyai hak untuk meminta pembagian jika pemilik mayoritas tidak melakukannya.

Penegakan Hak Minoritas

Hak-hak pemilik minoritas, meskipun terbatas, dapat ditegakkan berdasarkan undang-undang Florida yang memberikan perlindungan yang bertujuan mencegah penindasan pemilik minoritas. Meskipun pemilik mayoritas mempunyai keleluasaan luas dalam menjalankan perusahaan, mereka tetap mempunyai tanggung jawab bisnis dan hukum terhadap kepentingan perusahaan dan seluruh pemiliknya termasuk pemilik minoritas. Bergantung pada undang-undang suatu negara bagian, pemilik mayoritas hanya boleh berhutang fidusia kepada perusahaan dan bukan kepada pemilik minoritas.

Berdasarkan undang-undang Florida, selain kewajiban menjaga, anggota atau manajer LLC juga berkewajiban untuk setia kepada LLC dan anggotanya. Seorang anggota atau manajer seharusnya menempatkan keberhasilan dan manfaat LLC di atas keuntungan individu. Dalam menunjukkan kesetiaan kepada LLC, pemegang fidusia harus menghindari konflik kepentingan antara tujuan LLC dan aspirasi pribadinya.

Penindasan minoritas dapat terjadi dalam situasi seperti:

  • Pemilik mayoritas menolak melakukan pembagian keuntungan ketika perusahaan sedang untung;
  • Pemilik mayoritas mendapat kompensasi yang berlebihan;
  • Pemilik mayoritas melemahkan hak suara atau kepemilikan pemilik minoritas;
  • Pemilik mayoritas secara tidak wajar membatasi penjualan atau pengalihan kepentingan keanggotaan minoritas;
  • Pemilik mayoritas menolak akses pemilik minoritas terhadap catatan keuangan; Dan
  • Pemilik minoritas dipecat sebagai “permainan pemerasan” untuk menghilangkan kepentingan kepemilikan mereka.

Tidak semua contoh di atas akan mengarah pada penindasan. Tuntutan hukum penindasan yang berhasil dapat mengakibatkan pembayaran ganti rugi moneter, pembelian pemilik minoritas yang tertindas melalui perintah pengadilan, atau keringanan yang adil, seperti mengharuskan perusahaan menghentikan tindakan penindasan tertentu.

Hukum Florida yang berlaku terhadap perselisihan kepemilikan mencakup Undang-undang Perseroan Terbatas Florida yang Direvisi ( Statuta Florida, Bab 605 ) dan Undang-Undang Perusahaan Bisnis Florida ( Statuta Florida, Bab 607 ).

Menegosiasikan Perlindungan Pemilik Minoritas yang Lebih Kuat

Pemilik minoritas mungkin hanya mengincar keuntungan finansial, namun tujuan tersebut bisa terancam jika pemilik mayoritas membelanjakan dan menginvestasikan kembali uangnya tidak sesuai dengan perjanjian yang mengharuskan sebagian keuntungan dibagikan kepada pemilik minoritas. Distribusi yang dihasilkan dari penjualan bisnis tidak dapat dijamin kepada pemilik minoritas, jika penjualan tersebut disusun untuk membatasi pembayaran pemilik minoritas. Pemilik minoritas tidak dapat mengandalkan kemampuan untuk menjual kepemilikan mereka jika sifat bisnis atau investasi yang dimiliki sedemikian rupa sehingga tidak ada pasar untuk membeli kepemilikan minoritas. Ketika pemilik minoritas ingin melakukan perencanaan harta warisan , mereka mungkin mendapati bahwa kecuali ada perjanjian yang mengizinkan pengalihan, mereka tidak dapat dengan bebas mengalihkan hak minoritasnya kepada anggota keluarga.

Namun, pemilik minoritas tidak perlu menerima hak terbatas yang mereka miliki berdasarkan hukum Florida. Misalnya, LLC yang dibentuk untuk menjalankan bisnis atau berinvestasi di real estat dapat memiliki perjanjian operasi dan perjanjian jual beli yang mencakup ketentuan untuk membantu melindungi pemilik minoritas.

Sebelum memperoleh saham minoritas dalam suatu bisnis atau investasi, calon pemilik sebaiknya mempertimbangkan ekspektasi mereka mengenai masalah berikut:

  • Tingkat keterlibatan dalam pengelolaan bisnis atau investasi sehari-hari;
  • Kewenangan pengambilan keputusan mengenai perubahan perusahaan, termasuk penjualan bisnis atau merger atau akuisisi;
  • Pembayaran ekuitas dari operasional perusahaan;
  • Kemampuan untuk menjual suatu kepemilikan atau dibeli oleh pemilik lain;
  • Pembagian hasil penjualan atau pembubaran perusahaan; Dan
  • Apa yang harus dilakukan oleh anggota yang masih hidup dan perusahaan jika pemiliknya meninggal atau menjadi cacat mental.

Harapan awal dapat ditentukan melalui diskusi antar mitra bisnis, namun perjanjian jabat tangan saja tidak cukup. Kesepahaman yang disepakati antara pemilik minoritas dan mayoritas harus dituangkan dalam perjanjian tertulis, ditandatangani oleh seluruh anggota perusahaan dan manajer atau pejabatnya. Tanpa adanya perjanjian tertulis yang memperkuat hak-hak mereka, banyak pemilik minoritas yang bergantung pada itikad baik pemilik mayoritas. Jika keyakinan tersebut terbukti salah, pemilik minoritas mungkin menyadari—walaupun terlambat—betapa rentannya mereka terhadap mayoritas.

Lindungi Diri Anda sebagai Pemilik Bisnis Minoritas

Kepercayaan itu penting, namun kepercayaan harus didukung oleh perjanjian tertulis. Ingat pepatah, “Percaya tapi verifikasi”. Beberapa masalah mungkin tidak diharapkan sampai masalah tersebut muncul. Orang lain mungkin akan membuat Anda terjerumus ke dalam masalah hukum. Sebagai pemilik minoritas, Anda tidak perlu menerima perlindungan terbatas yang ditawarkan oleh undang-undang Florida dan Anda dianjurkan untuk menegosiasikan persyaratan yang menguntungkan sebagai syarat untuk mengambil peran sebagai pemilik minoritas.

Sebelum menginvestasikan waktu dan uang Anda dalam usaha bisnis atau investasi, sebaiknya berkonsultasilah dengan pengacara. Kami dapat membantu Anda memperkuat harapan Anda dengan perjanjian yang dapat ditegakkan secara hukum. Jika Anda sudah memiliki perjanjian, kami juga dapat memberikan saran mengenai hal apa saja yang ingin Anda ubah dalam perjanjian tersebut untuk meningkatkan hak Anda sebagai pemilik minoritas.

Post a Comment for "Apakah menjadi pemilik bisnis “Minoritas” merupakan ide yang bagus?"